Makalah Pengembangan Usaha Ikan Nila Menggunakan Aplikasi Canva

 


Kata pengantar


Puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkat Rahmat dan Hidayahnyalah Saya selaku manusia biasa bisa menyelesaikan makalah yang berjudul ‘pengembangan usaha budidaya nila dengan aplikasi canva’ ini tepat pada waktunya.


Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas ibu Asrianti Sani, S.Pi.,M.Si pada  mata kuliah kewirausahaan. Selain itu makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang budidaya ikan nila dan teknik mendesain grafis brosur pemasaran yang bisa digunakan di sosial media maupun dicetak bagi para pembaca dan juga bagi penulis.


Saya mengucapkan terima kasih kepada ibu Asrianti Sani, S.Pi.,M.Si selaku dosen  mata kuliah kewirausahaan yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.


Saya menyadari makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun akan saya nantkan demi kesempurnaan makalah ini.






Segeri, 18 Februari 2021






Muhammad Firman






DAFTAR ISI




BAB 1 PENDAHULUAN 5


1.1 Latar belakang 5


1.2 Rumusan masalah 5


1.3 Tujuan 6


BAB 2 PEMBAHASAN 7


2.1 Bagaimana cara pemasaran nila yang paling menguntungkan 7


2.2 Membuat Desain Untuk Pamflet Promosi Produk 9


BAB 3 PENUTUP 13


3.1 Kesimpulan 13


3.2 Saran 13














 PENDAHULUAN


Latar belakang


Nila merupakan salah satu kelompok spesies budidaya terpenting di dunia. Menurut FAO (2005). Total produksi global nila mencapai 1,7 juta metrik ton (mt) denagn total nilai sebesar 178 juta dollar Amerika. Produksi pada tahun 2009 di Indonesia mencapai 323.389 ton atau meningkat 11,12% di bandingkan tahun 2008(Dirjen Budidaya,(2010).


Minat masyarakat terhadap konsumsi ikan nila membuat peluang usaha di bisnis ini terbuka lebar. Ikan nila biasanya diproduksi dari tambak-tambak tradisional masyarakat pesisir di Kabupaten Pangkep. Hasil dari produksi tersebut kemudian dijual ke berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Masih sedikit yang membudidayakan ikan nila dikolam terpal berskala kecil. Maka dari itu saya hadir untuk meramaikan pasar penjualan ikan nila  ini sekaligus menjadi jawaban atas kebutuhan pasar akan nila khususya di Kecamatan Segeri.


Bisnis ikan nila pemasarannya untuk sememtara masih menyasar masyarakat pegunungan di kecamatan segeri, namun kemudian saya akan melakukan pengembangan berupa promosi di sosial media dan mendesain pamflet promosi tersebut dengan apikasi Canva di ponsel android.




Rumusan masalah


Bagaimana cara pemasaran ikan nila?


Bagaimana cara membuat desain untuk pamflet promosi produk?




Tujuan


Untuk mengetahui bagaimana cara pemasaran ikan nila


Untuk mengetahui cara membuat desain untuk pamflet promosi produk








 PEMBAHASAN




Bagaimana cara pemasaran nila yang paling menguntungkan 


Dijual ke pedagang pengepul(pengumpul)


Saya akan menghubungi pengepul. Dia akan datang kepada saya. Kelebohannya adalah pengepul siap kapan saja hanya saja harga yang ditawarkan untuk membeli nila akan jauh lebih miring dari teknik berikutnya.


Pengepul akan mengambil ikan ke kolam sehingga tidak perlu repot. Dia harus memastikan ikan nila yang diambil sesuai dengan pesanan pedagangnya. Misal harga di pasar 30.000,- per kg, harga di pengepul biasanya 25.000,-. Selisih ii diklaim pengepul karena dia menanggung biaya bensin dan harus mendistribusika ke pengcer. Mereka juga menanggung jika ikan tidak laku. Meski harga jualnya rendah tekik penjualan ini paling digemari.




Dijual ke pedagang pengecer di pasar dan toko


Anda heran dengan selisih harga pengepul dan pasar? Jangan heran. Jual langsug saja ke pedagang pasar. Menjual ke pedagang pasar tidak semudah yang saya bilang, penjual di pasar adalah pebisnis mereka butuh keberlangsugan artinya dalam satu tahun anda harus menjamin punya stok ikan untuk para pedagang tersebut. Tidak hanya satu musim panen saja.


Beberapa tips ini agar anda bisa mensuplai pedagang pasar sepanjang tahun, berikut caranya :


  • Membuat beberapa kolam, masing-masig olam didesain untuk dipanen di waktu yang berbeda. Usahakan bisa panen sepanjang waktu setahun penu 


  • Bekerja sama dengan petani lain agar bisa menyediakan ikan nila segar sepanjang tahun kepada penjual di pasar.




  • Dijual ke pemilik warung makan, catering nasi box, atau restoran 


Memilih cara ini artinya sedikit bekerja keras. Anda menawarkan ke warung makan atau restoran. Pemilik warung akan senang karena bisa mendapat harga dibawah harga pasar. Anda pun tersenyum karena mendapat harga diatas pasar tradisional.


  • Dijual sendiri


Ada 2 metode dalam menjual ikan nila sendiri yakni metode offline dan online, pada metode offline akan saya jabarkan sebagai berikut:


saya akan membagikan kepada tetangga, teman, ataupun kerabat terdekat ikan nila saya, maksud saya selain bersedekah atas hasil panen yang didapat, hal ini juga membuat tetangga mengenal bahwa kita menjual ikan nila, kalau kualitasnya bagus dan mereka suka pasti mereka akan berat hati untuk meminta dan otomatis mereka akan membeli ikan nila saya.


Hal kedua yang dilakukan setelah berbagi adalah membuat banner di depan rumah bahwa kia menjual ikan nila ukuran konsumsi. Tidak perlu banner besar cukup ukuran 1X0,5 meter dan pasang di depan rumah. 


Adapun metode pemasaran ikan nila secara online saya jabarkan sebagai berikut :


  • Membagikan ke WHATSAPP


Buatlah status dengan gambar ikan nila maka teman kontakmu yang menginginkan ikan tersebut akan menghubungimu langsung.


Posting usaha kita di grub Facebook. Ada beragam grub di facebook yang bisa menjadi ruang promosi usaha kita, contohnya jual beli ikan nila makassar, peternak ikan nila makassar, pangkep dagang, segeri dagang dan sebagainya.






  •  Membuat Desain Untuk Pamflet Promosi Produk


Menjual ikan nila di sosial media bukanlah suatu lelucon. Percayalah bahwa banyak diluar sana yang membutuhkan ikan nila. Namun perlu diketahui bahwa dengan meningkatnya minat masyarakat juga meningkat pula pesaing di bidang serupa. Maka dari itu promosi di sosial media harus dilakukan dengan semaksimal mungkin agar  tidak kalah saing dengan kompetitor kita di usaha ikan nila. Teknik promosi produk yang baik adalah dengan menyetuh hati atau otak perasa dari calon customer, salah satu caranya adalah membuat desain yang menarik sehingga calon customer di sosial media tertarik dengan produk kita dan memilih untuk membeli ikan nila dari kolam terpal budidaya kia dibanding dari kompetitor. 


Mendesain banner untuk pemasaran ikan nila di sosial media tiak perlu aplikasi PC, cukup aplikasi android yang bernama Canva kita bisa membuat promosi produk yang menarik costumer. 



 sumber : dokumentasi pribadi Muh. Firman

  • Sangat Mudah Menggunakan Canva 


Pada aplikasi canva ini terdapat berbagai macam template siap edit, kita tinggal mengganti foto atau tulisan-tulisan bawaan sesuai dengan kemauan kita.  Ada beragam menu yang sangat mudah digunakan untuk membuat pamflet promosi ikan nila di aplikasi canva. Menu inti yang paling berpengaruh adalah TEKS untuk menambahkan tulisan retoris kita, ELEMEN untuk menanbahkan item seperi gambar-gambar awan, love, panggung, lampu dan sebagainya. Dan untuk latar warna dan foto kalian ganti saja jangan menggunakan latar dari template bawaan canva supaya desain kalian terlihat orisinil


Gambar 2 : Hasil akhir desain menggunakan aplikasi Canva
Sumber : Dokumentasi pribadi Muhammad Firman
Elemen penting desain promosi produk ikan nila 
Seperti yang terlihat pada pamflet yang saya desain diatas saya menggunakan font ukuran besar pada kalimat ‘Jual Ikan Nila’ dengan font sanserif standar. Kemudian saya juga manambahkan foto produk yang lucu sebagai daya tarik, dan kata-kata retoris yaitu kelebihan dari ikan nila yang saya jual. Budidaya dengan sistem bioflok saya cantumkan pada urutan pertama kelebihan ikan nila saya sebab itulah hal yang saya jagokan untuk menarik pelanggan/costumer. Kata bioflok itupula seakan jadi magis tersendiri dan jadi faktor pembeda produk ikan nila saya dengan ikan nila kompetitor. Tak lupa pula saya menambahkan nomor pribadi saya. 


gambar 3 : logo usaha budidaya ikan nila "NIPAL"
sumber : dokumentasi pribadi Muhammad Firman

 PENUTUP
  • Kesimpulan
Dari hasil analisis dan pembelajaran penulis menyimpulkan bahwa dalam berwirausaha budidaya ikan nila di kolam terpal tidak hanya dibutuhkan teknik budidaya yang baik. Ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan usaha kita tersebut. Salah satunya adalah metode promosi produk yang menggunakan aplikasi Canva untuk mendesain pamflet agar tampilan promosi kita di sosial media dapat menyentuh otak perasa dari costumer. 
  • Saran 
Tentunya saya sebagai manusia biasa memiliki banyak kesalahan dalam penyusunan makalah ini baik dari segi isi makalah ini sendiri, redaksi kata maupun sistematika karya tulis ilmiah yang belum terlalu saya paham maka dari itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca 


Post a Comment for "Makalah Pengembangan Usaha Ikan Nila Menggunakan Aplikasi Canva"