Parameter Fisika Kecerahan Tambak


Kali ini saya akan membahas mengenai parameter fisika kualitas air kolam pemeliharaan udang vaname. Parameter fisika adalah parameter yang dapat diamati akibat perubahan fisika air seperti cahaya, suhu, kecerahan, kekeruhan, warna, dan kali ini saya akan sedikit mengulik mengenai kecerahan. Kecerahan adalah tingkat penetrasi cahaya pada air pemeliharaan udang. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerahan pada air ialah kelimpahan plankton, TOM, maupun padatan tersuspensi lainnya pada air. 

Dalam budidaya udang intensif atau superintensif menggunakan kolam HDPE padat penebaran dan juga pakan yang diberikan tinggi, selain itu juga parameter kualitas air harus dijaga sedemikian rupa agar tetap pada kisaran optimal untuk pembesaran udang vaname. Tak terkecuali kecerahan. Parameter yang satu ini juga penting disamping parameter lain seperti suhu, pH, DO, Salinitas, dan kadar nitrit, nitrat.


Gambar pengukuran kecerahan dengan sechi disk

Untuk mengukur kecerahan diperlukan alat bernama sechi disk, yaitu berupa tongkat yang telah diberi ukuran centimeter dan terdapat piringan hitam putih untuk memudahkan pengukuran. Cara memakai alat ini yaitu dengan menurunkan tongkat sechi disk ke dalam kolam pemeliharaan sampai warna putih pada piringan tidak terlihat, setelah itu lihat angka yang ada pada tongkat maka itulah nilai kecerahan dari air kolam tersebut. Pengukuran kecerahan ini dilakukan pada sore hari pukul 15.30 saat penetrasi cahaya matahari dalam kondisi stabil. Umumnya nilai kecerahan yang baik pada budidaya udang yaitu 35-50 cm. Dan jika melebihi atau kurang dari angka tersebut artinya plankton yang tumbuh sangat padat ataupun sangat kurang. 

Selain menunjukan kelimpahan plankton, kadar TOM dalam tambak fungsi kecerahan yang lain yaitu agar suhu pada air kolam pemeliharaan stabil. Jika kecerahannya tinggi penetrasi cahaya matahari juga tinggi maka dapat menimbulkan suhu tinggi pada kolam sehingga berdampak pada metabolisme udang yang meningkat. Meningkatnya metabolisme udang akibat suhu tinggi menimbulkan konsumsi pakan menjadi tidak efektif karena pakan yang diberikan pada udang tidaj dimanfaatkan maksimal untuk pertumbuhan melainkan agar udang dapat menyesuaikan tubuhnya dengan kondisi lingkungan yang tidak optimal. 

Kecerahan tidak boleh dianggap enteng, sebab dalam budidaya semua parameter terhubung satu sama lain. Maka dari itu kualitas air benar-benar harus dijaga di kisaran yang optimal agar pertumbuhan udang bagus. Salam budidaya udang vaname. Terima kasih. 


Post a Comment for "Parameter Fisika Kecerahan Tambak "