Di Era Digital Kita Dimudahkan


Di era milenium sekarang akses informasi sudah sangat mudah didapatkan, berita, informasi-informasi yang bersifat inspiratif, motipasi, dan lain sebagainya sangat gampang kita temui dengan berbagai versi dan melalui beragam media. Orang yang dulunya mendapatkan semua itu dari media televisi ataupun radio dan perlu waktu untuk duduk dan menyalakan televisi terlebih dahulu. Sebelum berangkat ke kantor ataupun ke sawah masyarakat biasanya menikmati secangkir kopi ditemani tayangan televisi yang menyuguhkan berita pagi. 

Namun sekarang semua itu sudah bergeser ke era digital, semua serba digital dan diakomodir di smartphone. Tuntutan pekerjaan yang menuntut keefektifan mendukung perubahan pola kebiasaan masyarakat kita. Bayangkan ketika jaman sekarang kita masih menyalakan tv untuk sekedar mendapatkan informasi tentu memerlukan tempat dan waktu yang tersita banyak padahal waktu bisa kita jadikan menyusut dan efektif untuk melakukan pekerjaan.

Manfaat lain di era digital ini selain kemudahan akses informasi berita, kita juga dimudahkan dalam hal membaca. Yap kita tidak boleh fakir akan bacaan. Dengan membaca kita bisa menjelajah ke segala ruang, ke segala waktu. Kita bisa menyelami sejarah yang dalam dan bisa terbang ke angkasa masa depan yang berisi harapan. Masih banyak orang yang sadar akan manfaat dari membaca ini. Masih banyak orang yang membeli buku di toko buku sekelas gramedia ataupun membeli secara online di aplikasi belanja online, dalam hal ini smartphone turut ikut serta lagi. 

Dulu sulit untuk mencari buku yang ingin kita baca, di era digital semua kendala mendapatkan akses buku kini bisa diatasi

Seiring berkembangnya kita ke era digital tentulah minat baca dan juga akses ke sumber bacaan menjadi lebih mudah dan cepat. Referensi pembelajaran, motipasi, sejarah, dan lain-lain dengan mudah kita jumpai dengan berbagai macam media bacaan baik itu di situs-situs yang menyediakan artikel ataupun opini maupun aplikasi yang menyediakan buku untuk dipinjam gratis macam aplikasi Ipusnas. Di aplikasi ipusnas kita bisa meminjam buku dengan berbagai genre mulai dari fiksi,filsaat,agama,novel dan lain-lain yang bagi saya sudah cukup lengkap untuk memperkaya wawasan manusia. 

Banyak pula pembaca yang menyukai membaca artikel ataupun oipini di situs penyedia opini macam qureta,geotimes,susahtidur.net,okeylahdotcom, mojoldotco dam masih banyak lagi. Semua dapat diakses dengan singkat dan hanya memerlukan smartphone dan paket data tanpa memerlukan waktu dan ruang yang tidak efisien. 

Tentunya kita berharap dengan berkembangnga era digital ini dan masuknya era digital ke dunia literasi dapat semakin mengasah otak masyarakat kita, lebih produktif dalan hidup dan tentunya juga dengan semakin banyak membaca membuat kita dapat berpikir kritis dan diharapkan dapat menyaring arus informasi yang kian deras berisi hoax,ujaran kebencian dan provokasi.


1 comment for "Di Era Digital Kita Dimudahkan"

Eugenia Yulita Zhawo August 31, 2020 at 9:56 PM Delete Comment
bagus bang